DPC Kepulauan Sangkarrang Adakan Pelatihan Penyelenggaraan Jenazah

Berita
Abu Uwais
17 Jul 2022
DPC Kepulauan Sangkarrang Adakan Pelatihan Penyelenggaraan Jenazah

WAHDAHMAKASSAR.OR.ID - Dewan Pengurus Cabang Wahdah Islamiyah (DPC WI) Kepulauan Sangkarrang menggelar Pelatihan Penyelenggaraan Jenazah pada Sabtu (16/7/22) di Pulau Kodingareng Kecamatan kepulauan Sangkarrang.


Ustadz Muh. Ali selaku ketua DPC WI Kepulauan Sangkarrang menjelaskan bahwa sejatinya penyelenggaraan jenazah adalah kewajiban keluarga terdekat mayit. “Penyelenggaraan jenazah adalah kewajiban keluarga terdekat si mayit, kalau keluarga yang terdekat tdk ada, baru orang muslim lainnya. Sehingga pelatihan ini diharapkan sebagai edukasi kepada masyarakat agar dapat mengenal, memahami dan memiliki kemampuan terkait penyelenggaraan jenazah.” ungkapnya.


Dalam sambutannya, beliau juga menambahkan pentingnya pelatihan ini bagi kehiudap bertetangga. “Kegiatan ini kita laksanakan agar kita sama-sama paham dalam mengurus jenazah tetangga, saudara, atau bahkan orang tua kita sendiri ketika meninggal dunia. Juga ketika kita mengurus jenazah maka kita juga mendapatkan pahala yang besar, walaupun hukumnya fardhu kifayah." tambahnya.


Pelatihan ini juga sebagai bentuk kaderisasi anak muda. “Petugas atau pengurus jenazah adalah orang - orang yang sangat dibutuhkan kehadirannya pada saat jenazah akan mandikan, dikafani, disalatkan, sampai dikuburkan, hal tersebut membutuhkan ilmu atau pengetahuan untuk mengurus jenazah, apalagi yang selama ini menjadi petugas atau pengurus jenazah sudah lanjut usia maka perlu adanya penerus yang akan melanjutkan sehingga kegiatan ini dianggap perlu diadakan.” lanjutnya.


Masyarakat setempat sangat antusias atas kegiatan tersebut. "Kegiatan seperti ini yang sudah lama ditunggu oleh masyarakat, karena di Pulau Kodingareng cuman sedikit yang paham soal memandikan jenazah, apalagi sudah lanjut usia semua, jadi kita yang ikut ini pelatihan bisa menjadi penerusnya". Ungkap salah seorang peserta.