SEDEKAH TERBAIK DI BULAN MULIA

Naskah Khutbah
Asdar
23 Mar 2023
SEDEKAH TERBAIK DI BULAN MULIA

JUMAT, 02 Ramadan 1444 H / 24 Maret 2023 M

 Oleh Muhammad Harsya Bachtiar, Lc., M.A.

Dep. Dakwah DPD Wahdah Islamiyah Makassar

KHUTBAH PERTAMA

 

إنَّ الـحَمْدَ لِلّهِ نَـحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ، وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُورِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلَا مُضِلَّ لَهُ، وَمَنْ يُضْلِلْ فَلَا هَادِيَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَن لاَّ إِلَهَ إِلاَّ الله وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُـحَمَّداً عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ..

اللهم صلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْن.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ

يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالًا كَثِيرًا وَنِسَاءً وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِي تَسَاءَلُونَ بِهِ وَالْأَرْحَامَ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَقُولُوا قَوْلًا سَدِيدًا يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيمًا

أَمَّا بَعْدُ فَإِنَّ أَصْدَقَ الْحَدِيثِ كِتَابُ اللهَ،  وَخَيْرَ الهَدْيِ هَدْيُ مُحَمَّدٍ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَشَرَّ الأُمُورِ مُحْدَثَاتُهَا وَكُلَّ مُحْدَثَةٍ ِبِدْعَةٌ وَكُلَّ بِدْعَةٍ ضَلاَلَةٌ وَكُلَّ ضَلاَلَةٍ فِي النَّار

أيها الناس رحمكم الله، أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيَ بِتَقْوَى اللِه فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ

Jamaah Jumat yang dimuliakan oleh Allah…

Saat ini kita telah memasuki bulan yang mulia yaitu bulan suci Ramadan. Bulan suci Ramadan adalah bulan penuh berkah.  Amalan-amalan kebaikan di dalamnya lebih besar di sisi Allah bila dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya. Sebagai contoh Nabi shallallahu alaihi wasallam mengibaratkan pahala umrah di bulan Ramadan seperti pahala berhaji. Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda:

فَإِنَّ عُمْرَةً فِيهِ تَعْدِلُ حَجَّةً

Artinya:  “Umrah pada bulan Ramadan senilai dengan haji.” (HR. Muslim no. 1256)

Dalam lafazh Bukhari disebutkan,

فَإِنَّ عُمْرَةً فِى رَمَضَانَ تَقْضِى حَجَّةً مَعِى

Artinya:  “Sesungguhnya umrah di bulan Ramadan seperti berhaji bersamaku” (HR. Bukhari no. 1863).

Oleh karenanya, hendaklah setiap muslim berlomba-lomba dalam berbuat kebaikan di bulan mulia ini. Termasuk dari amalan kebaikan yang patut kita perbanyak di bulan ini adalah memperbanyak sedekah.

Nabi kita shallallahu alaihi wasallam adalah contoh nyata dalam memperbanyak sedekah di bulan suci Ramadan. Beliau shallallahu alaihi wasallam adalah orang yang paling dermawan dan paling gemar bersedekah. Dan ketika bulan suci Ramadan tiba, kedermawanan beliau shallallahu alaihi wasallam semakin bertambah. Abdullah bin Abbas radhiyallahu anhu menegaskan hal ini:

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم أَجْوَدَ النَّاسِ وَكَانَ أَجْوَدَ مَا يَكُونُ فِي رَمَضَانَ

Artinya: “Rasulullah shallallahu alaihi wasallam adalah orang yang paling dermawan. Dan ia semakin dermawan di bulan Ramadan” HR. Bukhari dan Muslim.

Di kesempatan lain Ketika Nabi shallallahu alaihi wasallam ditanyakan tentang sedekah yang paling afdhal/utama, maka beliau shallallahu alaihi wasallam menjawab: “Sedekah di dalam bulan Ramadan”. HR. Tirmidzi.

Atas dasar ini para ulama kita sangat menganjurkan memperbanyak sedekah di bulan suci Ramadan. Imam As-Syafi’I mengatakan:

أُحِبُّ لِلرَّجُلِ الزِّيَادَةَ باِلجُوْدِ فِي شَهْرِ رَمَضَانَ اِقْتِدَاءً بِرَسُوْلِ اللهِ صلى الله عليه وسلم، وَلِحَاجَةِ النَّاسِ فِيْهِ إلَى مَصَالِحِهِمْ وَلِتَشَاغُلِ كَثِيْرٍ مِنْهُمْ بِالصَّوْمِ وَالصَّلَاةِ عَنْ مَكَاسِبِهِمْ.

Artinya: Aku mencintai seseorang yang memperbanyak sedekah di bulan Ramadan sebagai bentuk mengikuti Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam, juga karena hajat manusia di dalamnya dan demi kemaslahatannya. Hal ini disebabkan banyaknya manusia yang sibuk dengan salat dan puasa akan pekerjaannya.

Imam Muhammad bin Syihab Az-Zuhri ketika ditanyakan kepada beliau tentang bulan suci Ramadan, beliau menjawab:

إنما هو تلاوة القرآن وإطعام الطعام

Artinya: “Sesungguhnya itu adalah (bulan) tilawah/membaca Al-Qur’an dan memberikan makan (sedekah)”. (Kitab Lathaif Ma’arif Li Ibni Rajab).

Para salafusshaleh bahkan mengatakan bahwa sedekah di bulan suci Ramadan pahalanya sama dengan pahala sedekah jihad fisabilillah. Imam Abu Bakar bin Abi Maryam menukilkan akan hal ini:

سَمِعْتُ مَشَايِخَنَا، يَقُوْلُوْنَ: إِذَا حَضَرَ شَهْرُ رَمَضَانَ، قَدْ حَضَرَ مُطَهِّرٌ، وَيَقُوْلُوْنَ: اِنْبَسِطُوْا باِلنَّفَقَةِ فِيْهِ، فَإِنَّهَا تُضَاعَفُ كَالنَّفَقَةِ فِي سَبِيْلِ اللهِ عز وجل

Artinya: “Aku mendengar guru-guru kami mengatakan: ‘Apabila datang bulan Ramadan maka telah datang muthahhir/penyucian’. Dan mereka berkata: ‘Perbanyaklah sedekah di dalamnya karena seseungguhnya ia dilipatgandakan seperti sedekah jihad di jalan Allah’”.  (Kitab Lathaif Ma’arif Li Ibni Rajab).

Jamaah Jumat yang dimuliakan oleh Allah…

Tahun ini kita ber-Ramadan di tengah suasana banyaknya musibah dan bencana yang melanda akhir-akhir ini. Baik yang berskala nasional seperti gempa Cianjur atau yang berskala Internasional seperti gempa Turki dan Suriah. Tidak sedikit dari saudara kita kaum muslimin yang mengalami dampak akan musibah ini. Mereka kehilangan harta, pekerjaan dan mata pencahariannya bahkan sanak keluarga tercinta.

Oleh karenanya momentum Ramadan ini kita jadikan motivasi dalam bersedekah. Kita jadikan momentum untuk membantu orang yang susah dan menolong yang kesulitan. Sedekah yang kita niatkan karena Allah insya Allah pahalanya akan dilipatgandakan di sisi-Nya. Bagaikan sebuah biji yang tumbuh darinya 7 tangkai, lalu tumbuh dari setiap tangkai 100 biji, dan Allah melipatgandakan lagi sesuai dengan kehendak-Nya. Allah berfirman:

مَثَلُ الَّذِينَ يُنْفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنْبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِي كُلِّ سُنْبُلَةٍ مِائَةُ حَبَّةٍ وَاللَّهُ يُضَاعِفُ لِمَنْ يَشَاءُ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

Artinya: “Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (rahmat) karuniaNya, lagi meliputi ilmu PengetahuanNya.” (Al-Baqarah ayat 261).

Manfaat lain dari sedekah sebagaimana dalam hadis-hadis Nabi antara lain, bahwa setiap manusia di hari kiamat kelak akan berada di bawah naungan sedekahnya sampai ia dihisab oleh Allah. Juga disebutkan bahwa sedekah dapat menjadi sebab pengampunan dosa dan sebab penyembuhan penyakit.

Jamaah Jumat yang dimuliakan oleh Allah…       

Khusus di bulan Ramadan ini, ada satu sedekah spesial yang selayaknya kita perbanyak, yaitu memberikan makan kepada orang yang berpuasa. Karena sebagaimana dalam hadis disebutkan bahwa orang yang memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala puasa seperti pahala orang tersebut tanpa mengurangi sedikit pun dari pahalanya. Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda:

مَنْ فَطَّرَ صَائِمًا كَانَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِهِ غَيْرَ أَنَّهُ لاَ يَنْقُصُ مِنْ أَجْرِ الصَّائِمِ شَيْئًا

Artinya: “Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” HR. Tirmidzi.

            Berdasarkan hal ini, para salaf sangat gemar dalam memberikan iftar bagi orang-orang yang berpuasa. Disebutkan dalam Riwayat:

كَانَ اِبْنُ عُمَرَ رَضِيَ للهُ عَنْهُمَا يَصُوْمُ وَلَا يُفْطِرُ إِلاَّ مَعَ الْمَسَاكِيْنَ

Artinya: Adalah Abdullah bin Umar radhiyallahu ‘anhuma berpuasa dan tidak berbuka kecuali bersama kaum faqir.

Dan dalam Riwayat lain disebutkan:

كَانَ حَمَّادُ بْنُ أَبِيْ سُلَيْمَانَ يُفَطِّرُ فِي شَهْرِ رَمَضَانَ خَمْسِيْنَ رَاجُلاً كُلَّ لَيْلَةٍ، فَإِذَا كَانَتْ لَيْلَةُ العِيْدِ كَسَاهُمْ، وَأَعْطَى كُلَّ رَجُلٍ مِنْهُمْ مِائَةَ دِرْهَمٍ

Artinya:  Hammad bin Abi Sulaiman memberikan iftar di bulan Ramadan kepada 50 orang di setiap harinya, dan apabila datang malam Id maka ia memberikan mereka pakaian juga memberikan setiap dari mereka 100 dirham.

Semoga Allah memberi kita taufik untuk bisa banyak bersedekah di bulan mulia ini,

أَقُوْلُ قَوْلِي هَذَا َوَاسْتَغْفِرُ اللهَ لِي وَلَكُمْ وَلِسَائِرِ المُسْلِمِيْنَ إِنَّهُ هُوَ السَمِيْعُ العَلِيْمُ.

KHUTBAH KEDUA

الْحَمْدُ للهِ عَلَىْ إِحْسَاْنِهِ ، وَالْشُّكْرُ لَهُ عَلَىْ تَوْفِيْقِهِ وَامْتِنَاْنِهِ ، وَأَشْهَدُ أَنْ لَاْ إِلَهَ إِلَّاْ اللهُ تَعْظِيْمَاً لِشَأْنِهِ ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدَاً عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الْدَّاْعِيْ إِلَىْ رِضْوَاْنِهِ صَلَّى اللهُ عَلِيْهِ وَعَلَىْ آلِهِ وَأَصْحَاْبِهِ وَإِخوَانِهِ

فَيَا اَيُّهَا النَّاسُ اِتَّقُوااللهَ تَعَالىَ وَذَرُوا الْفَوَاحِشَ مَاظَهَرَ وَمَا بَطَنْ، وَحَافِظُوْا عَلىَ الطَّاعَةِ وَحُضُوْرِ الْجُمْعَةِ وَالْجَمَاعَةِ.
 وَاعْلَمُوْا اَنَّ اللهَ اَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ وَثَنَّى بِمَلاَئِكَةِ قُدْسِهِ، فَقَالَ تَعَالىَ وَلَمْ يَزَلْ قَائِلاً عَلِيْمًا: اِنَّ اللهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِىْ يَاَ يُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا
 اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ . وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ،فِي العَالَمِينَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ
 اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ، وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ اْلأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَاْلأَمْوَاتِ،يَا سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدّعَوَاتِ

رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنْفُسَنَا وَإِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُونَنَّ مِنَ الْخَاسِرِينَ

رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً  إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ

رَبَّنَا تَقَبَّل مِنَّا وَقِيَامَنَا وَسَائِرَ أَعمَالِنَا وَتُبْ عَلَيْنَا إنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمُ

رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلِإِخْوَانِنَا الَّذِينَ سَبَقُونَا بِالْإِيمَانِ وَلَا تَجْعَلْ فِي قُلُوبِنَا غِلًّا لِلَّذِينَ آمَنُوا رَبَّنَا إِنَّكَ رَءُوفٌ رَحِيمٌ

اللَّهُمَّ أَعِزَّ الْإِسْلَامَ وَ المُسْلِمِيْنَ وأَهْلِكِ الْكَفَرَةَ وَ المُشْرِكِينَ وَأَعدَاءَكَ يَا عَزِيزٌ يَا قَهَّارٌ يَا رَبَّ العَالَمِينَ

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُونَ وَسَلَامٌ عَلَى الْمُرْسَلِينَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ


Download PDFnya di https://bit.ly/sedekahdibulanterbaik

Baca Juga